Thursday, 15 March 2012 10:44

Kejuaraan Nasional Atletik, Jumlah Peserta Capai Rekor

Setelah usainya hingar bingar Kejuaraan Yunior Asia Tenggara, SEA Junior Championships beberapa waktu yang lalu, panasnya udara kompetisi kembali mendatangi Stadion Madya, Jakarta sehubungan akan diselenggarakannya Kejuaraan Nasional Atletik tanggal 29 Juni sampai dengan 2 Juli 2011. Kejuaraan Nasional kali ini juga menciptakan rekor dalam jumlah peserta yaitu tidak kurang dari 700 atlet dari 33 provinsi telah terdaftar untuk bertanding. Kontingen terbesar datang dari Jawa Timur sebanyak 72 atlet, Jawa Barat dan Papua masing-masing berkekuatan 51 dan 50 atlet, sementara tim  ibu kota DKI Jakarta mengirimkan 32 atlet.

PB. PASI melihat membludaknya jumlah peserta ini sebagai sebuah hal positif karena berarti daerah-daerah memperlihatkan ambisinya masing-masing untuk meraih prestasi terbaik. Diharapkan melalui kejuaraan ini bukan saja atlet senior, akan tetapi atlet-atlet yunior atau pun lapis dua mampu menunjukkan prestasi yang baik sehingga dapat menjadi tumpuan tim atletik nasional.

Dalam nomor sprint 100 meter putra misalnya, Suryo Agung akan berhadapan dangan pelari generasi penerus seperti Franklin Burumi, Fadlin, Farel Oktaviandi, Fernando Lumain dan Sapwaturachman.  Meski pun sudah memutuskan tidak ikut dalam SEA Games yang akan datang, Suryo Agung tetap berlatih menghadapi kejuaraan nasional ini. Di nomor 400 meter putra, Heru Asprianto akan bersaing ketat dengan pelari yuniornya, Arif Rachman lalu di nomor 800 meter dan 1500 meter, Ridwan akan berhadapan dengan Dekker Ariandas. Selain itu masih ada atlet hasil regenerasi yang ditunggu penampilannya sepertai Prasetyo (Papua/110 meter gawang), Aldian Trijatmiko (Riau/lempar lembing). Di bagian putri, Dedeh Erawati (100 meter gawang) akan diuji melawan Agustin Bawele (Sulut) sementara pemegang rekor nasional Dwi Ratnasari diperkirakan akan melaju tanpa saingan.

Sejatinya, kita masih dapat menyaksikan penampilan atlet-atlet remaja yang dalam SEA Junior Championships yang lalu menoreh prestasi membanggakan akan tetapi dalam waktu bersamaan mereka harus mewakili Indonesia dalam kejuaraan ASEAN School di Singapura. Bagi atlet-atlet yang saat ini tergabung daam Pelatnas SEA Games, prestasi mereka dalam kejuaraan nasional ini akan dijadikan bahan evaluasi.

Jakarta, 27 Juni 2011.

PB. PASI

Last modified on Thursday, 15 March 2012 11:28
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…