Tuesday, 02 April 2013 06:04

Tresna Tembus kualifikasi Kejuaraan Dunia Remaja IAAF

Meski diwarnai sejumlah kegagalan para sprinter nasional di ajang Jatim Open, PB PASI masih bisa berbangga hati. Salah satu atlet muda andalanya, Tresna puspita Gusti Ayu berhasil meraih dua medali emas sekaligus memecahkan rekor nasional  lempar lembing dan lempar cakram kategori remaja.

Untuk lempar Cakram,  Tresna berhasil memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri dengan jarak lemparan 44,20 meter. Sementara, untuk nomor lempar martil, Tresna mencatat jarak lemparan 51,20 meter.  "Alhamdulillah, aku pecah rekor (rekornas) lagi," ujar gadis asal Kuningan, Jawa Barat ini.

 

Tak hanya itu, yang membanggakan, gadis cantik yang baru berusia 16 Tahun ini juga berhasil menembus kualifikasi untuk nomor lempar cakram di kejuaraan Dunia Remaja IAAF yang akan berlangsung di kota Donetsk, Ukraina, Juli 2013 mendatang.  Batas minimal kejuaraan dunia remaja yaitu 42 meter.

Menurut pelatih Tresna, Fifit Wulandari, keberhasilan anak didiknya tak lepas dari kesungguhan Tresna menjalani latihan yang selama ini diberikannya. "Kita sesuaikan dengan Tresna (usianya)  dan mengikuti  latihan sesuai standar internasional," ujar pelatih muda yang sempat dikirim ke Jerman oleh PB PASI ini.   

Fifit yang telah menangani Tresna sejak tiga tahun terakhir ini, mengaku berusaha memberi porsi latihan lebih pada penguatan  otot dan penguasaan teknik-teknik dalam lempar cakram dan martil. Karena, bagian itu yang cukup penting bagi seorang pelempar. Ia yakin, dengan usia yang masih sangat muda, 16 tahun, Tresna masih memiliki harapan untuk terus berprestasi di kemudian hari. 

Atas prestasinya memecahkan rekornas dan menembus limit kejuaraan dunia IAAF tersebut,  PB PASI memberikan hadiah beasiswa kepada Tresna sebesar Rp 200 juta.  Ketua Umum PB PASI Bob Hasan mengatakan, hadiah tersebut untuk memotivasi atlet lainnya agar terus berprestasi.  Selain hadiah atas keberhasilan memecahkan rekor nasional, tawaran bonus  senilai Rp 1 Milyar bagi para sprinter yang mampu menembus limit waktu 10,00 untuk nomor lari 100 meter putra dan 11.00 untuk nomor 100 meter putri, juga masih berlaku.  

Last modified on Tuesday, 07 May 2013 14:36
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…