Tuesday, 11 June 2013 18:59

Atlet Muda Kembali Raih Emas

Peluh nyaris membasahi seluruh tubuhnya sesaat setelah ia menghentikan larinya. Napasnya masih terengah-engah. Sambil mengelap keringatnya, ia menepi ke pinggir lintasan, dan berjalan menuju ke garis finish. Di sana, Nurul Imaniar, disambut rekan-rekannya sesama pelari estafet- Irene Alisjahbana, Niafatul Aini dan Emilia Nova.  

Hari itu, sabtu pekan lalu, dewi fortuna rupanya belum berpihak pada Nurul. Peraih medali emas  estafet 4 x 100 m putri SEA Games ini gagal mengulang hasil terbaik yang pernah diraihnya di Palembang.  Dalam kejuaraan atletik remaja se Asia tenggara (SEA Youth Athletics Championships) di Vietnam, jumat hingga sabtu pekan lalu,  Nurul dan teman-temannya  yang turun di nomor estafet 4 x 100 m putri U-21, hanya menduduki posisi kedua di bawah tim putri tuan rumah Vietnam yang menjadi juara. “Secara pribadi, tentu saya sangat kecewa,” ujar Nurul.

 

Menurut atlet asal Nusa Tenggara Barat ini, atlet-atlet asal Vietnam tampil sangat baik. Prestasinya meningkat tajam,  melampaui Thailand dan Indonesia yang selama ini mendominasi ajang atletik di Asia tenggara. Bahkan, sprinter putri Vietnam NguyenThi Huyen meraih empat medali emas sekaligus dalam ajang tahunan ini. Nguyen menjuarai nomor sprint 100m, dan  400 m, lari gawang  400m serta estafet  4x100m.
Indonesia yang mengirimkan 30 atlet muda yang tergabung dalam Pelatnas jangka panjang PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), akhirnya mampu  mengoleksi  sembilan medali emas, tiga perak dan enam perunggu  di akhir lomba. Dalam kejuaraan yang berlangsung di stadion Thong Nanh, Ho Chi Minh, Vietnam ini,  atlet asal Jawa Timur Roni Sisko meraih dua medali emas dari nomor tolak peluru dan lempar cakram. Selain Roni, peraih medali emas lainnya yaitu dua  atlet asal  Jawa tengah  Hadi Nur Ehsan di nomor 800 m, dan  Beni Santoso di nomor  5000 meter.

Selain medali emas, tiga rekornas juga berhasil dipecahkan di Vietnam,  yaitu masing-masing dari atlet putri  Alvin Tehupeiory  nomor 400 meter lari gawang putri, Ulfa Silpiana dari 200 meter dan Emilia Nova  100 meter lari gawang. Bahkan, Ulfa berhasil melampaui limit kejuaraan dunia remaja yang akan berlangsung di Donetsk, Ukraina.



Daftar Atlet Peraih medali emas

No     Nama             Nomor  yang dilombakan    Asal Daerah

1.     Harry Sumanora      lempar lembing,         Riau
2.    M Hafis         1500 M U-21            Sumatera barat
3.    Aprilia Kartina        1500 M remaja putri        Sumatera Barat
4.     Tresna Puspita Gusti Ayu  lempar cakram  
5.    Emilia Nova          lari gawang 100m         DKI Jakarta
6.    Roni Sisko         Tolak peluru& lempar cakram    Jawa  Timur
7.     Beni Santoso          Lari 5000 meter.        Jawa Tengah
8.    Hadi Nur Ehsan         Lari  800 m            Jawa tengah

Last modified on Tuesday, 18 June 2013 20:18
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…