Friday, 13 March 2015 19:42

Pesan Penting Pertemuan Jakarta

 

Satu persatu anggota Dewan Pengurus Asosiasi Atletik Asia (AAA) hari ini berangsur angsur kembali ke negara masing-masing dengan membawa kesan mendalam. President AAA Jenderal Dahlan Al Hamad, siang tadi kembali ke Qatar. Dahlan yang juga anggota IOC menyatakan kepuasannya atas penyelenggaraan  Council Meeting ke-80 AAA yang berlangsung di Hotel Fairmont, kamis kemarin (12/3). “Terimakasih kepada PB PASI, Pak Hasan dan Pak Tigor, atas council meeting yang berjalan lancar,” ujar Dahlan.

Council meeting ke-80 AAA yang berlangsung sehari penuh, berjalan sukses. Pertemuan yang  dihadiri oleh seluruh anggota dewan pengurus AAA ini, menghasilkan sejumlah kesepakatan yang akan dibawa pada kongres AAA, juni mendatang di Wuhan, China. Menurut Sekjen PB PASI yang juga vice president AAA Tigor Tanjung, pertemuan ini, sangat penting bagi AAA karena menjadi ajang konsolidasi bagi AAA menuju pemilihan Presiden IAAF, pada Kongres IAAF Agustus mendatang.

Seperti diketahui masa tugas Presiden IAAF Lamine Diack, akan berakhir Juni 2015 mendatang.  Lamine yang asal Senegal telah menjabat sebagai Presiden induk organisasi cabang olahraga atletik dunia yang beranggotakan 213 negara ini sejak 1999.

Meski tak menyodorkan nama calon pengganti asal Asia, anggota AAA kemungkinan akan menentukan pilihannya pada dua kandidat terkuat Presiden IAAF yang saat ini sama sama menjabat sebagai wakil Presiden IAAF yaitu pemegang rekor dunia lompat galah asal Ukraina Sergey Bubka dan ketua olympic Committe Olimpiade London 2012 yang juga mantan pelari jarak menengah Inggris Sebastian Coe.

Kedua kandidat President IAAF itu ikut hadir dalam pertemuan Dewan Pengurus AAA di Jakarta kali ini. Menurut Tigor, kedatangan keduanya untuk meminta restu dari ketua umum PB PASI Bob Hasan. Bagaimanapun, lanjut Tigor, ketokohan Bob Hasan sudah diakui semua pihak. “Pak Bob Hasan, bagaimanapun sangat dihormati baik di level Asia maupun dunia,” ujar Tigor Tanjung.

Meski  membuat kebulatan tekad mengenai calon presiden IAAF, Council Meeting AAA tidak memutuskan kepada siapa suara negara-negara Asia akan diberikan. Semua diserahkan kepada anggota AAA dalam pemilihan nanti.  

Selain membicarakan kandidat presiden IAAF dan persiapan konggres AAA, council meeting juga membicarakan persiapan penyelenggaraan kejuaraan Dunia Atletik Yunior pertama di Doha, Qatar. Dan sejumlah agenda penting lainnya.  “Tadi ada juga usulan perubahan jadwal kompetisi, mengingat sering kali ada tahun dimana jadwal kompetisi sangat padat, tapi ada juga yang kosong,”tambah Tigor.   

Ia mengambil contoh jadwal kompetisi kejuaraan Atletik Asia, yang jadwalnya tak begitu jauh dari jadwal Asian Games ke-18, Jakarta. Menurutnya, jika berbentrokan seperti itu, maka dikhawatirkan, banyak negara memilih untuk mengirim atlet utamanya ke ajang Asian Games yang multievent ketimbang ajang kejuaraan atletik Asia.

Satu hal penting lain, yang berhasil disepakati oleh AAA yaitu menyangkut dorongan agar AAA mendorong organisasi IAAF memberikan perhatian besar pada Asia. Betapapun, menurut Tigor, kebanyakan sponsor IAAF berasal dari perusahaan-perusahaan Asia. Ia mencontohkan seperti Sinopec, dan TDK, Samsung, menjadi penyumbang terbesar pemasukan IAAF. Oleh sebab itu, sudah selayaknya Asia mendapat porsi lebih besar. Sergey dan Sebastian Coe dalam pertemuan dengan Bob Hasan maupun saat presentasi di depan councill Meeting sempat berjanji akan mengutamakan Asia jika terpilih sebagai President.

Setidaknya, menurut Tigor, markas IAAF bisa dipindahkan ke asia, atau ada cabangnya di Asia. Pertemuan Dewan Pengurus AAA di Jakarta dihadiri oleh seluruh pimpinan AAA dari berbagai negara. Diantaranya, terdapat senior Wakil Presiden AAA asal China Du Zhaocai, Mayjen Surapong Ariyamongkol (Thailand), Alexey Kondrat (Kazhakstan) dan Katsuyuki Tanaka (Jepang). Selain membicarakan masalah pergantian President IAAF, pertemuan juga akan membahas sejumlah agenda penting Atletik Asia sepanjang 2015.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…