Monday, 18 May 2015 11:45

Indonesia Inisiator Perubahan di IAAF

 

 

Bob Hasan dan Presiden IAAF Lamine Diack (dok PB PASI)

 

Tiga bulan menjelang pemilihan pemegang tampuk pimpinan Asosiasi Atletik Internasional ( IAAF), suasana persaingan di antara dua kandidat Presiden IAAF yaitu Sergey Bubka dari Ukraina dan Sebastian Coe dari Inggris, terasa semakin memanas. Kedua legenda atletik ini, melontarkan gagasan-gagasan untuk melakukan perubahan di dalam manajemen IAAF apabila terpilih menjadi Presiden. Dengan cara masing-masing mereka melakukan pendekatan pada masing-masing negara anggota IAAF untuk meyakinkan bahwa mereka adalah calon yang pantas dipilih. Manuver keduanya terekam di saat berlangsungnya Seri Diamond League, di Doha, Qatar, 15 Mei 2015 lalu. 

Ketua umum PB PASI Bob Hasan, yang hadir pada kesempatan tersebut membenarkan manuver kedua kandidat tersebut. Bob Hasan yang hadir bersama Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung yang juga Wakil Presiden Asosiasi Atletik Asia (AAA) ini, mengatakan bahwa, usulan perubahan di tubuh IAAF sebenarnya telah disampaikannya pada saat bertemu kedua kandidat presiden IAAF itu saat berlangsungnya Council Meeting AAA di Jakarta, Maret 2015 lalu.  "IAAF harus mengubah diri apabila atletik tetap diinginkan menjadi cabang olahraga terpandang di dunia," ujar Bob Hasan melalui sambungan telepon internasional dari Doha (15/5).

Kedua kandidat menemui Bob Hasan untuk meminta masukannya terkait dunia atletik. sebagaimana diketahui, Bob Hasan merupakan tokoh atletik dunia yang telah malang melintang puluhan tahun di dunia atletik dunia. ia bahkan, sempat menjadi Presiden Atletik Asia (AAA) selama dua periode (1991-2000) hingga kini menjadi honorary Life Presiden AAA. 

(TT/Doha,Qatar)

 

Pada jamuan makan malam sehari sebelum berlangsungnya Diamond League, Presiden IAAF Lamine Diack memberikan sambutan yang sarat dengan kata-kata perpisahan. Ia sempat mengenang saat-saat bekerja sama dengan Bob Hasan semasa Ketua Umum PB PASI ini menjadi council member IAAF periode 1991-1999. Diamond League yang diselenggarakan di Doha ini membuka 14 seri rangkaian Diamond League tahun 2015.

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…