Tuesday, 01 December 2015 21:08

Stadion Atletik Timika Rampung Awal 2016

(dari Kiri ke Kanan: Beben, Tuti Merdiko, Charles, Mayjen (purn) Zacky Anwar Makarim, Hendri, Didik, Paulus Lay)

 

Kesiapan Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX pada Tahun 2020 tampaknya tak bisa disangsikan lagi. Berbagai persiapan menuju ajang pesta olahraga multieven terbesar di Indonesia itu, terus digiatkan oleh pemerintah daerah Papua dan kalangan swasta di Papua. Pembangunan sarana dan prasarana venue dan infrastruktur pendukung terus digalakan.  "Pada PON ke-20, ada hasrat kami untuk gemilang prestasi emas, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi, sukses administrasi dan sukses prestasi," ujar Gubernur Papua Lukas Enembe.

Salah satu sarana yang proses pembangunannya hampir rampung yaitu stadion Atletik Mimika yang terletak di kabupaten Timika, Papua.  Saat ditinjau oleh tim dari PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang terdiri dari, ketua bidang organisasi PB PASI Mayjen (purn) Zacky Anwar makarim, Ketua Bidang pembinaan Prestasi Paulus Lay, wakil Sekretaris Umum PB PASI Tuti Merdiko dan wakil ketua bidang Pemasaran PB PASI Hendri Firzani, di Timika, Papua, Senin, 30 November 2015 lalu,  Stadion yang berdiri di atas lahan seluas 12,5 hektar ini telah memasuki tahap penyelesaian. "Ini sebuah pekerjaan yang luar biasa, dan semoga bisa dimanfaatkan oleh (Atletik) Papua, ke depannya," ujar Mayjen Purn Zacky Anwar Makarim.  

Menurut Charles Sihotang, Field Manager PT Parama, konsultan yang mengawasi pembangunan Stadion tersebut , saat ini kondisi seluruh kompleks Mimika Sports Stadium sudah mencapai tahap 90,17 persen. Targetnya, "pada akhir atau Januari 2016, sudah bisa diresmikan," 

Selain stadion Atletik, di kawasna tersebut juga dibangun stadion indoor berkapasitas 1300 orang yang bisa digunakan untuk cabang olahraga bulutangkis, basket dan bela diri. Selain itu, terdapat pula pemukiman atlet, yang bentuknya mirip Honai, atau rumah tradisional warga Papua. Kompleks Mimika Sport Center ini sendiri dibangun atas inisitaif dan bantuan dari PT Freeport Indonesia dan rencannya akan dihibahkan kepada Pemda Papua.  

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…