Sunday, 08 December 2019 21:37

Bangkit dari Kegagalan, Odekta Raih Perunggu Nomor 10.000 M

Odekta seusai masuk Finish dan meraih medali perunggu Odekta seusai masuk Finish dan meraih medali perunggu Dok PB PASI/Flo

New Clark, PB PASI - Pelari jarak jauh Odekta Elvina Naibaho sukses merebut posisi ketiga dalam lomba lari nomor 10.000 meter putri pada cabang olahraga (cabor) atletik SEA Games XXX Filipina 2019 yang berlangsung di Athletics Stadium, New Clark, Minggu (8/12). Dia membukukan waktu 36 menit 42,28 detik. Odekta yang baru pertama kali turun di SEA Games sukses meraih  medali perunggu.

Pelari senior Indonesia, Triyaningsih yang juga turun di nomor yang sama, hanya mampu di posisi keempat. Atlet yang telah mengoleksi setidaknya 11 medali emas SEA Games ini hanya mencatatkan waktu 37 menit 54,18 detik.

"Kemarin (Saat marathon) saya enggak finish karena heat stroke. Untuk bangkit lagi memulihkan motivasi di sini sangat berat sekali. Tapi optimis saja. Saya dedikasikan untuk semua teman saya yang menyemangati dan mendorong untuk tetap berjuang di sini," ucap Odekta usai pertandingan.

Posisi pertama dan kedua nomor 10.000 m putri diraih atlet Vietnam, Thi Hue Pham dengan waktu 36 menit 23,44 detik dan Hong Le Thi Pham (36 menit 32,24 detik).

"Teman-teman bilang jangan menyerah, masih ada satu hari lagi. Dari semua motivasi itu, saya bilang sama pelatih saya, oke saya mau coba lagi. Pada akhirnya, Tuhan menjawab. Bukan kemarin, tapi hari ini," kata Odekta kemudian.

Seperti diketahui, pada nomor full marathon, Jumat (4/12), Odekta gagal masuk finish. Dia sempat limbung dan kemudian dipapah sang pelatih Wita Witarsa saat memimpin lomba di  600 meter jelang titik akhir.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…