Sunday, 08 December 2019 21:05

Raih Emas, Sapwaturahman Juga Pecahkan Rekor SEA Games Nomor Lompat Jauh Featured

sapwaturahman saat berlaga di Asian Games 2018 sapwaturahman saat berlaga di Asian Games 2018 Dok PB PASI/Istimewa

 

New Clark, PB PASI - Cabang olahraga (cabor) atletik kembali  menyumbang medali emas bagi Indonesia. Kali ini, giliran Sapwaturrahman yang turun di nomor long jump (lompat jauh) putra.

Bertanding di New Clark City Athletics Stadium, Sabtu malam (7/12), Sapwaturrahman merebut medali emas dengan mencatat lompatan sejauh 8,03 meter.

Lompatan tersebut juga membawa Sapwaturrahman memecahkan rekor lompat jauh SEA Games. Sebelumnya, rekor lompat jauh dipegang atlet asal Filipina, Hendry Dagmil dengan lompatan sejauh 7,87 m yang diukir pada 2007.

''Saya belum puas walaupun memecahkan rekor SEA Games. Target utama saya adalah lolos Olimpiade. Ke depan, saya akan terus mencoba memperbaiki catatan saya,'' ujar Sapwaturrahman.

 

Medali perak nomor lompat jauh putra ini berhasil dibawa pulang wakil Malaysia, Andre Anura dengan lompatan sejauh 8,02 m. Sedangkan medali perunggu direbut wakil Thailand, Suttisak Singkhon dengan lompatan sejauh 7,89 m.

Usai bertanding, Sapwaturrahman bergegas menuju bangku penonton dan memeluk pelatihnya, Arya Yuniawan Purwoko sembari sedikit terisak.

"Saya sempat resign dua tahun dari lari. Sekarang coba lagi dan malah langsung dapat emas," ucap dia.

 

Coach Arya lantas menjabarkan keharuan Safwan, demikian dia akrab disapa oleh sang pelatih. "Supaya dia selalu jadi nomor satu," ucap Arya.

Aslinya sejak masih duduk di bangku sekolah, Safwan fokus pada nomor lompat jauh. Namun ketika masuk Pelatnas, dia dialihkan ke nomor lari. Sayangnya, tiga kali bertanding di SEA Games, Safwan gagal meraih medali pada sprint tersebut. Puncaknya, dia sempat berhenti dari atletik pada 2105-2017.

Adalah sekretaris umum PB PASI Tigor Tanjung yang kemudian mengontak  Arya untuk kembali mengajak Safwan bergabung di Pelatnas. Keduanya berlatih panjang dengan target Olimpiade. Tak sia-sia, Safwan sukses menggondol medali perunggu di ajang Asian Games 2018 Agustsu 2018 lalu. Ia juga berhasil memecahkan rekornas lompat jauh. Kini, Safwan sukses merebut emas SEA Games.

"Masih agak sulit memang mengejar Olimpiade karena jumlah event yang diikuti masih belum banyak. Tapi kita masih ada waktu mengejarnya," ujar Arya optimis.

 

Flo

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…